Sketsa Calon Wapres Pendamping SBY

Hatta Rajasa muncul sebagai kandidat wakil presiden pendamping SBY. Mencuatnya nama Hatta Rajasa makin terbuka, Ahad lalu. Tepatnya lewat pertemuan MPP PAN dan DPW PAN dari 28 provinsi di kediaman Amien Rais, Ketua MPP PAN, di Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Salah satu putusan pentingnya adalah mencalonkan Hatta Rajasa beserta Soetrisno Bachir, Ketua Umum DPP PAN, sebagai cawapres pendamping SBY.

Bagi Ahmad Mubarok, Wakil Ketua Umum Demokrat, kemunculan nama Hatta itu tidaklah mengejutkan. Mubarok mengaku telah mendengar bahwa politikus berambut perak itu berminat, lantas difasilitasi. “Kemudian Amien Rais bekerja,” kata Mubarok. Kerja politik ini diawali dengan pertemuan Amien dengan SBY, pekan lalu.

Walau kemungkinan ada ganjalan dari DPP PAN, bukan berarti langkah kuda hitam Hatta Rajasa otomatis terganjal. Peran Amien Rais, pendiri PAN, masih sangat berpengaruh. Toh, DPP PAN pun bukan berarti steril dari pengaruh di luar Soetrisno, dalam hal ini Amien atau Hatta.

Manuver politik Ketua Ikatan Alumni ITB itu memang nyaris tak pernah muncul ke permukaan. Bila melihat hasilnya, Hatta termasuk piawai mengamankan posisi politiknya. Coba saja lihat keberadaan Hatta di kabinet yang bisa bertahan di bawah tiga presiden: Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati, dan SBY.

Tatkala namanya masuk daftar menteri yang bakal di-reshuffle –ketika menjadi Menteri Perhubungan– menyusul maraknya kecelakaan berbagai moda angkutan, Hatta malah dipromosikan menjadi Menteri Sekretaris Negara. Kabarnya, SBY puas atas kinerja Hatta di posisi baru itu, walaupun bukan berlatar belakang sarjana hukum. Fakta ini cukup membuktikan bahwa Hatta Rajasa adalah politikus licin.

Selain itu, ada yang menyebutkan, orang yang punya peluang bersanding dengan SBY adalah Akbar Tandjung, mantan Ketua Umum Partai Golkar, yang terjungkal oleh JK pada Musyawarah Nasional Golkar di Bali, akhir 2004. Politikus kawakan ini dianggap masih bisa memenuhi lima kriteria cawapres yang diinginkan SBY.

Walau sudah tak jadi nakhoda Partai Golkar, Akbar dinilai masih punya pengaruh di akar rumput partai berlambang pohon beringin ini. Sehingga figurnya dianggap penting untuk bisa menjaga ikatan koalisi dengan Golkar. Akbar juga memenuhi kalkulasi politik SBY lainnya, yang masih memperhitungkan duet militer (purnawirawan)-sipil dan Jawa-luar Jawa.

Akbar pun sudah lama meretas jalan menuju Cikeas lewat Barindo, salah satu sayap politik SBY. Di sini Akbar duduk sebagai anggota Dewan Pembina Partai Golkar. Dolli Kurnia, Direktur Akbar Tandjung Institut yang juga aktif di Barindo, mengisyaratkan bahwa suara yang mendukung duet SBY-Akbar kian gencar terdengar. “Suara ini bermunculan ketika Bang Akbar berkeliling ke daerah,” kata orang dekat Akbar itu.

Terakhir, dukungan pada duet SBY-Akbar secara gamblang disuarakan Ruhut Sitompul, mantan aktivis Golkar yang kini menjadi salah satu Ketua DPP Partai Demokrat dan anggota Tim 9. Walau peluang Akbar terbuka, pintu masuk untuk bersanding dengan SBY tetap mesti lewat pintu Golkar. Sebab, bagaimanapun, menggandeng Akbar hanyalah tujuan antara guna meraup sokongan Golkar.

Jika Akbar tidak muncul lewat pintu Golkar, duet SBY-Akbar dikhawatirkan melukai Golkar. Kemungkinan Golkar membangun poros baru dan mengusung JK sebagai capres.

Hidayat Gunadi, Hatim Ilwan, Mukhlison S. Widodo, dan Anthony Djafar [Laporan Utama, Gatra Nomor 24 Beredar Kamis, 23 April 2009]

1 Comment

  1. kalau saya lebih mencermati sepak terjang Ibu Marwah Daud Ibrahim yang juga berambisi jadi pendamping SBY

    terimakasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Kepergian Mar'ie Muhammad kehilangan bagi Indonesia
      Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menyebut almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat. "Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai menteri keuangan ...
    • Hampir semua korban bom Istanbul adalah polisi
      Dua bom meledak di luar stadion sepakbola di Istanbul, Turki, pada Sabtu malam waktu setempat, menyebabkan 29 orang tewas, yang terdiri atas 27 polisi dan dua warga sipil.Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan ledakan ...
    • Sejumlah tokoh melayat ke kediaman Mar'ie Muhammad
      Sejumlah tokoh mendatangi kediaman almarhum mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad, di Jalan Taman Brawijaya III Nomor 139, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu. Di antara mereka adalah Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: