Deklarasi SBY-Boediono Tiru Obama-Biden

Pasangan calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan calon wakil presiden Boediono rencananya akan diumumkan di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Institut Teknologi Bandung, Jumat (15/5) malam ini. Prosesi atau tata cara akan meniru pendeklarasian calon presiden Amerika Barack Husein Obama dan calon wakil presiden Joe Biden, yang dilaksanakan di Illionis, 23 Agustus 2008.

Ketua DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok mengakui kalau deklarasi SBY-Boediono akan digelar mirip deklarasi Obama-Joy Bidden. “Ya mirip-mirip itulah,” tegas Mubarok. Penegasan senada disampaikan salah seorang anggota tim sukses SBY. “Deklarasinya meniru deklarasi Obama-Joe Biden,” tegasnya.

Kendati demikian, Mubarok tidak mau menjelaskan secara detail bagaimana prosesi deklarasi yang dimiripkan dengan Obama. “Kalau soal teknisnya, itu panitia saja lah. Saya tahunya hanya konsep besarnya,” elak Mubarok.

Direktur Eksekutif Bravo Media Centre/Fox Indonesia, Choel Mallarangeng, selaku konsultan sekaligus event organizer deklarasi mengatakan acara dikemas salam suasana khidmad, bukan hura-hura dan pesta-pora. Dia tidak membantah proses meniru gaya Barack Obama Huesin-Joe Biden, tetapi juga melihat banyak proses serupa di negara lain.

“Bukan hanya acara deklarasi Obama yang bagus, tetapi juga Sarkozy di Prancis dan Merkel, Kanselir Jerman. Di Indonesia pun banyak acara yang elegan yang bisa ditiru,” kata Choel. Kini Nicolas Sarkozy dari Partai Uni Gerakan Populer menjadi Presiden Prancis, dan Angela Merkel dari Partai Kristen Demokrat (CDU/CSU) menjadi Kanselir Jerman.

Menurut dia, tim kreatif mendesain acara dengan melihat berbagai acara yang pernah berlangsung, baik dari luar negeri maupun di dalam negeri. “Yang pasti, suasana dibuat khidmad, bukan hura-hura atau pesta pora sehingga tidak banyak artis, atau penyanyi,” kata Choel, adik kandung Juru Bicara Keperesiden Andi Mallarangeng.

Saat deklarasi, SBY dan Boediono akan mengenakan kemeja katun warna merah-putih-merah dengan variasi bordir di bagian depan kiri dan kanannya, memanjang dari atas ke bawah. Pakaian SBY dan Boediono dijahit A Liong dari Kwong Tung Tailor.

Jalannya acara deklarasi akan dipandu presenter sekaligus bintang iklan Muhammad Farhan. Ia akan ditemani Ferdi Hasan, Tengku Melinda dan Maudi Kusnadi. Di sela waktu, SBY-Boediono beserta tetamu akan dihibur Bimbo, dan Elfa Secioria Hasbullah.

Menurut dia, deklarasi akan ditandai dengan antra lain Calon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono naik ke mimbar dan mengenalkan calon wakil presiden pendampingnya. Kemudian berpidato kurang lebih 10 menit. Choel sendiri tidak bersedia menyebut calon wakil presiden SBY. Namun dia menyebut calon wakil presiden juga diberi waktu berpidato.

Choel mengatakan, khalayak yang menyatakan kesediaan datang berjumlah 10.000 orang. Namun karena keterbatasan kapasitas gedung, tidak semua dapat ditampung. Undangan dari Jakarta di antaranya tokoh politik dari parpol pendukung koalisi. Sedangkan rival SBY, seperti Jusuf Kalla yang masih menjabat Wakil Presiden, calon wakil presiden Wiranto, calon presiden Megawati Soekarnoputri, Calon Presiden Prabowo Subianto pun tidak diundang.

Pendapat senada Choel dikemukakan Ketua DPP Demokrat Max Sopacua yang mengatakan bahwa acara deklarasi nanti dibuat khidmat. Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB, tidak banyak menampilkan artis penghibur. “Acaranya khidmat lah pokoknya,” tegasnya.

Max yang terlibat dalam sesi acara mengatakan, nantinya SBY dan Boediono akan masuk ke panggung secara bersamaan. Namun saat dicecar apakah akan dibuat seperti Obama dan Joy Bidden yang berlari di sisi kiri dan kanan panggung sehingga bertemu di tengah panggun dan saling berangkulan, Max mengaku tidak tahu persis. “Setahu saya setelah mereka berdua di atas panggung dan bersalaman, Pak SBY dan Pak Boediono gantian berpidato,” tegas Max.

Max menjelaskan, kapasitas Gedung Sabuga sebanyak 1500 orang. Sehingga, jumlah tamu undangan pun kemungkinan hanya sekitar 2000 orang. Termasuk undangan yang banyak sehingga sengaja diberi tempat duduk di luar gedung Sabuga.

Tamu undangannya adalah pimpinan partai pendukung koalisi. Yakni PKS, PAN, PPP dan PKB. “Pimpinan itu kan Ketua, Wakil Ketua dan Sekjen,” tegasnya.

Namun saat ditanya apakah pimpinan PKS dan PAN sudah memastikan hadir lantaran mereka kecewa dengan dipilihnya Boediono sebagai cawapres, Max mengaku tidak tahu persis. “Kalau soal undangan tamu, ada yang mengurus itu. Saya tidak tahu,” tegasnya.

Domu Damiannus Ambarita/Yuli Sulistyawan – KOMPAS.com

1 Comment

  1. Emang semuanya Niru Latahan, ga kreatif.. jadi bangsa kerdil..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Aparat gabungan sita bambu runcing dan bom molotov di Kediri
      Aparat gabungan dari Kepolisian Resor Kediri Kota dan TNI merazia kawasan bekas lokalisasi Semampir di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, dan menyita sejumlah barang seperti bambu runcing serta bom molotov."Kami sudah ...
    • Persipura tanpa Bio dan Ricardinho hadapi Gresik United
      Tim Persipura Jayapura tanpa Bio Paulin Pierre dan Ricardinho da Silva saat melawan tuan rumah Gresik United dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di stadion Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Minggu (11/12). ...
    • Pencarian korban pesawat Polri libatkan 19 kapal
      Polri mengerahkan 19 kapal dan tiga pesawat untuk mencari korban pesawat Polri M-28 Sky Truck yang jatuh pada Sabtu (3/12) di perairan Kabupaten Lingga, Kepri. "Sembilan belas kapal dan tiga unsur udara dikerahkan pada ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: