Dalam Geliat Trio Alpha

Trio-AlphaSekitar 60 pengurus Partai Golkar meriung di rumah Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat sekaligus anggota Dewan Penasihat Golkar Aburizal Bakrie, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin malam pekan lalu.

Mereka antara lain mantan Ketua Golkar Akbar Tandjung, Wakil Ketua Agung Laksono, serta sejumlah anggota Fraksi Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat. Juga hadir perwakilan Golkar DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, serta sejumlah pengurus tingkat kabupaten dan kota.

Oleh sahibul bait, Akbar didaulat berpidato tentang Golkar masa depan. Menilik perolehan suara Beringin yang anjlok pada Pemilu 2009, Akbar mengaku prihatin. Padahal, ketika Golkar dihantam pada 1999 dan 2004, suara partai itu justru mencorong. ”Ada apa ini?” kata Akbar.

Forum itu seolah menjadi pengadilan in absentia bagi Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla. Dialah yang dianggap paling bertanggung jawab atas keterpurukan Golkar. Menurut Ridwan Hisyam, Ketua Kosgoro 57—pecahan kino Golkar, Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong—suara Golkar anjlok karena mismanagement. Untuk itu, kata Ridwan, harus diambil langkah strategis. ”Kalau tidak, suara Golkar bisa-bisa turun hingga tujuh persen,” ujarnya.

Santer beredar, di forum itu muncul desakan menggelar musyawarah nasional luar biasa untuk mendongkel Kalla. Bahkan disebut-sebut paket kepemimpinan Aburizal Bakrie-Agung Laksono-Akbar Tanjung bakal menjadi pengurus inti Beringin. Kepada Tempo, awal Mei lalu, Akbar dengan jujur mengaku berminat menjadi ketua dewan penasihat. Menurut Ridwan, maskot kubu Menteng adalah trio alpha: Aburizal, Akbar, dan Agung.

Sumber Tempo yang hadir dalam pertemuan Menteng mengungkapkan forum itu diadakan untuk menelurkan strategi antisipasi masa depan Golkar setelah pemilu presiden. ”Misalnya apa yang dilakukan jika Kalla-Wiranto menang di putaran pertama dan bagaimana jika kalah,” kata sumber itu.

Skenarionya, jika Kalla gugur di putaran pertama, suara Golkar akan ”diamankan” agar tak menyokong Megawati dari PDI Perjuangan. Soalnya, kuat diduga dalam putaran kedua Yudhoyono yang menang dan Golkar tak mau menjadi oposisi. ”Kami kan ber-platform kekaryaan, jadi kami tidak punya kultur oposisi,” kata sumber itu.

Nah, untuk melicinkan rencana itu, musyawarah nasional yang mengganti pimpinan Golkar akan digelar sebelum presiden dilantik pada 20 Oktober 2009. Ini dilakukan agar Golkar tak ketinggalan kereta karena resminya jadwal musyawarah lima tahunan baru dilakukan pada Desember. Jika mengikuti jadwal resmi, dipastikan Golkar gigit jari alias tak mendapat satu kursi pun di kabinet.

Menurut Yoris Raweyai, Ketua Angkatan Muda Pembaruan Indonesia, salah satu kino organisasi Golkar, saat ini ada dua kubu yang ingin merebut tempat Golkar Satu: Aburizal dan Surya Paloh, kini ketua dewan pembina.

”Keduanya sudah rajin melakukan safari ke daerah,” kata Yoris. Paloh saat ini mengambil posisi mendukung Kalla sebagai calon presiden dan mengambil jarak dengan kubu Cikeas.

Keseriusan Ical, panggilan akrab Aburizal, ”menggarap” Golkar diakui Ridwan Hisyam. Menurut dia, setahun lalu Ical telah menyampaikan tak mau lagi duduk di kabinet dan ingin ”mengabdi” di tempat lain. ”Di mana lagi kalau bukan Golkar?” kata Ridwan.

Menurut pesan pendek Aburizal ke Munawwaroh dari Tempo, melalui sekretaris pribadinya—yang tidak bersedia disebutkan namanya—Aburizal membenarkan pertemuan Senin malam lalu itu. Dia juga menyatakan siap menjadi Ketua Umum Partai Golkar pada musyawarah partai nanti. ”Sekarang Golkar harus berkonsentrasi pada pemenangan JK-WIN,” demikian tulisnya dalam pesan pendek, Sabtu malam lalu.

Lima tahun lalu Ical berada di urutan ketiga dalam konvensi calon presiden Golkar. Posisinya di bawah Wiranto dan Akbar Tandjung. Dalam Pemilu 2004, Golkar menyorongkan Wiranto sebagai calon presiden.

Ketua Golkar Jawa Tengah Bambang Sadono, yang ikut dalam pertemuan Menteng, mengakui niat Aburizal memimpin Partai Beringin. ”Pak Ical memang menyatakan kesediaannya,” kata Bambang. Akbar Tandjung terang-terangan mendukung karibnya itu. ”Forum kemarin itu adalah media Pak Aburizal merintis dukungan,” kata Akbar.

Namun, menurut Bambang, rencana pergantian Ketua Golkar tidak akan dilakukan dalam forum musyawarah nasional luar biasa, melainkan di forum musyawarah nasional yang dipercepat. Waktunya, setelah pemilu putaran pertama, sekitar Juli-Agustus 2009. ”Tidak etis mempercepat musyawarah nasional karena akan mengganggu konsentrasi Golkar memenangkan pemilu presiden,” ujarnya.

Pertemuan Menteng mengundang reaksi keras dari pengurus partai kubu Kalla, terutama tim pemenangan JK-Wiranto. Ketua tim Fahmi Idris mengaku prihatin dengan manuver itu. ”Kok, tega benar,” kata Fahmi, Kamis pekan lalu.” Ketika kader sedang fokus melakukan konsolidasi pemenangan pemilu, kenapa malah membahas agenda berbeda?”

Yang paling menjengkelkan Fahmi adalah desakan percepatan musyawarah nasional. ”Kalau mau jadi ketua, ya, tunggu saja waktunya,” kata dia. Fahmi menduga, manuver trio alpha merupakan refleksi kekecewaan mereka atas keputusan partai tak berkoalisi dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Sejumlah nama, termasuk Akbar, Agung, dan Ical, disebut-sebut bakal menjadi kandidat calon wakil presiden mendampingi Yudhoyono. ”Karena Golkar batal berkoalisi dengan Demokrat, kesempatan itu menjadi hilang,” kata Fahmi.

Menteri Perindustrian dalam pemerintahan Yudhoyono itu curiga, tiga sahabatnya tak berharap Kalla menang dalam pemilu presiden. ”Menurut saya, motivasi mereka ya soal kabinet. Sebab, kalau tidak, kok serius sekali,” kata Fahmi.

Meski mengakui adanya pertemuan Menteng, Agung Laksono membantah tudingan memotori upaya menggergaji kursi Kalla. Menurut dia, Golkar bulat mendukung Kalla-Wiranto. Kata Agung kepada wartawan, Selasa pekan lalu, ”Itu hanya pertemuan biasa, untuk konsolidasi yang biasa”.

Agus Supriyanto (Jakarta), Sohirin (Semarang) -TEMPO (25 Mei 2009)

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • SIPG kalahkan Guangzhou di Liga Champions Asia
      Wu Lei mencetak dua gol ketika Shanghai SIPG menang 4-0 atas juara Liga Champions Asia sebanyak dua kali Guangzhou Evergrande pada Selasa, pada pertandingan leg pertama perempat final kejuaraan klub level benua tersebut. ...
    • Tim WFQR Lanal Batam tangkap 27 TKI ilegal tujuan Malaysia
      Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) 4 Lanal Batam, Selasa sekitar pukul 02.30 WIB menggagalkan pengiriman 27 TKI Ilegal di perairan Karang Galang saat hendak menuju Malaysia. "Sebanyak 27 TKI yang berhasil diamankan ...
    • Sea Games 2017 - Luis Milla bangga dengan perjuangan Timnas U-22
      Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Luis Milla merasa bangga dengan perjuangan anak-anak asuhnya yang mampu menahan imbang Vietnam 0-0 walau bermain dengan 10 orang di laga Grup B sepak bola SEA Games ke-29 2017, Malaysia. ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: