Jacko Kerap Menangis dalam Kesendirian

3390035p

Puluhan penggemar Michael Jackson berkumpul di Santiago, Spanyol, Jumat (26/6), meratapi kepergian bintang pop legendaris yang akan melakukan konser pada 13 Juli mendatang di London.

Kehidupan masa kecil yang terenggut dan pendidikan keras sang ayah yang acap ringan tangan, menjadi gambaran buram yang menutupi gemerlap perjalanan karier Michael Jackson sebagai mahabintang.

Gambaran ketidakbahagiaan itu menjadi salah satu kisah yang muncul ke permukaan, ketika Jacko, panggilan akrab Michael Jackson, diberitakan meninggal pada 25 Juni 2009 di sebuah rumah sewa di Holmby Hills, di Los Angeles, Amerika Serikat.

Masih lekat dalam ingatan banyak orang wawancaranya sepanjang 90 menit dengan host talkshow papan atas, Oprah Winfrey, pada 1993. Seringai menghiasi wajahnya ketika menceritakan masa kecil yang pahit itu.

Ia tak malu-malu mengakui acap menangis dalam kesendiriannya mengingat masa-masa itu. Penampilannya di depan publik saat itu adalah yang pertama setelah tahun 1979.

Ketika itu Jacko sedang menghadapi tuduhan pelecehan seksual terhadap bocah usia 13 tahun, Jordan Chandler, kisah yang kemudian menguak sedikit demi sedikit sisi gelap kehidupannya.

Tuduhan dan hujatan menderanya, termasuk dari kakak perempuannya, La Toya, yang menuduhnya mengidap pedofilia. Hari-harinya dipenuhi dengan kesibukan menangkis tuduhan. Menghadapi berbagai tekanan demi tekanan, Jacko diberitakan mulai mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Pada musim gugur tahun yang sama itu, ia diberitakan menjadi pecandu obat-obatan. Kondisi kesehatannya merosot.

Harga yang dibayarnya sangat mahal. Ia harus membatalkan Dangerous World Tour untuk mengikuti program rehabilitasi dari kecenderungan mengonsumsi obat-obatan. Namun karirnya tidak berhenti di sini.

Jacko masih tetap berjaya. History World Tour ke-35 negara yang dijalaninya pada 1996-1997 berlangsung sukses. Seiring dengan itu, sisi kontroversial kehidupan pribadinya semakin mengemuka. Berkali-kali ia menjalani operasi memutihkan kulitnya. Ia menikahi perawat berijazah Deborah Jeanne Rowe, yang merawatnya ketika ia diberitakan menderita vitiligo. Rowe memberinya dua anak, melalui program bayi tabung. Jacko menceraikan Rowe dua tahun kemudian. Usia perkawinan yang tak jauh berbeda ketika ia menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley.

Tak banyak yang diketahui umum mengenai kehidupan keluarganya. Jacko seperti melindungi ketiga anaknya, Michael Joseph Jackson Jr, Paris Michael Katherine Jackson, dan Prince Michael Jackson II, dari sorotan media. Pada sisi lain, Jacko tak selamanya bisa menutupi kehidupan pribadinya dari sorotan media. Ia terus didera tuduhan demi tuduhan pelecehan seksual kepada anak-anak. Morfin dan Demerol menjadi pelariannya.

Krisis Keuangan

Tahun 2005 menjadi masa terberat dalam kehidupannya. Ia cenderung mengisolasi diri, menelantarkan kariernya. Fox News pernah memberitakan bahwa Jacko mengalami krisis keuangan. Kondisi levernya pun memburuk, bahkan sempat muntah darah. Keluarganya, terutama adiknya, Janet Jackson, sangat mengkhawatirkannya. Sebuah sumber menyebutkan, kekhawatiran itu mendorong keluarga Jackson mengambil keputusan untuk melakukan kontak intensif dengan pengacara Jacko, Thomas Mesereau, untuk menyelamatkan kariernya.

“Saya sudah menekuni dunia hiburan sejak umur enam tahun. Sebagaimana Charles Dickens mengatakan, ada waktu-waktu yang menyenangkan, juga ada waktu-waktu yang sama sekali tidak menyenangkan. Tetapi, semua itu tidak akan membuat saya berganti karier. Walaupun beberapa orang, dengan sengaja, mencoba menyakiti saya, saya terus melangkah, karena ada keluarga yang mengasihi saya, ada keyakinan yang kuat, teman-teman yang demikian baik, dan para penggemar yang telah, dan terus, mendukung saya…”

Sepenggal kalimat di atas terselip dalam biografi Michael Jackson versi wikipedia.org, pada bab “Documentary, Trial, and Business Ventures”. Penggemarlah yang selama ini terlihat tampil mendukungnya ketika “Raja Pop” itu menghadapi berbagai tuduhan, baik penganiayaan maupun pelecehan seksual. Di jajaran teman, selama ini hanya aktris senior Elizabeth Taylor yang terlihat terang-terangan membelanya.

Kini, ketika berita meninggalnya mulai terdengar, satu per satu “teman” mulai membuka suara. Madonna, dalam pengakuannya kepada Life versi online, mengaku menangis untuk beberapa lamanya ketika mendengar berita kepergian mahabintang itu selamanya. Perasaan sedih yang mendalam juga dialami Brooke Shields, yang pernah menjadi teman kencan Jacko. Keduanya datang sebagai pasangan pada malam penghargaan American Music Award 1984.

Sheryl Crow, yang pernah dua tahun bekerja sama dengan Michael Jackson dan tampil bersama pada Mei 1988, juga Justin Timberlake, yang tampil bersama di Madison Square Garden pada 2001, menyebut Michael Jackson sebagai jenius yang menginspirasi banyak orang, terutama kaum muda. Quincy Jones, yang bekerja sama dengan Jacko menggarap album Off The Wall, Thriller, dan Bad, mengaku sangat kehilangan. “Ia sudah saya anggap adik sendiri. Ia orang yang berdedikasi,” katanya.

Michael Jackson bukan hanya dikenal melalui karya-karyanya. Para pengamat permusikan juga mencatatnya sebagai artis yang punya kepedulian mendalam pada masalah kemanusiaan. Pada 1999, ia terlibat dalam kegiatan amal penyanyi tenor Luciano Pavarotti untuk mendukung organisasi nirlaba Warchild. Hasil kegiatan itu disumbangkan kepada pengungsi Kosovo dan program pemberdayaan anak-anak di Guatemala.

Pada tahun 2000, ia tercatat dalam Guinness World Records karena telah mendukung 39 proyek amal, suatu prestasi yang belum berhasil disamai oleh artis mana pun. Enam tahun kemudian, dari institusi yang sama, ia menerima delapan penghargaan, di antaranya sebagai “First Entertainer to Earn More Than 100 Million Dollars in a Year”, “Most Successful Entertainer of All Time”. Pada tahun yang sama, dalam ajang World Music Awards, ia menerima Diamond Award, karena berhasil menjual lebih dari 100 juta album.

Mirip Elvis

Selama berkarier, Michael Jackson tidak ingin sekadar menjadi superstar. Dia menjalani profesinya sebagai penyanyi dengan berbagai obsesi. Seperti The Beatles, Jacko ingin menjadi yang paling besar, yakni seorang raja. Dia juga ingin meraih mahkota sang legendaris, yang tak lain adalah mantan mertuanya, Elvis Presley. Bahkan, banyak kalangan yang menyebut, Michael Jackson dan Elvis Presley adalah sama, baik saat masih hidup, maupun saat tutup usia.

Seorang pengamat musik dan pengarang lagu, Greil Marcus mengatakan, kemiripan dua musisi besar itu tidak mengada-ada. Keduanya memang memiliki banyak kesamaan, baik dari segi ketenaran, keunikan, dan ciri khas dalam bermusik, maupun kontroversinya. Elvis Presley sendiri meninggal akibat overdosis. Dia ditemukan meninggal di kamar mandi pada tahun 1977, dalam usia 42 tahun.

Sedangkan Jacko meninggal pada usia 50 tahun. Usia yang terbilang belum terlalu tua. Menyaksikan penampilan keduanya, siapa pun akan merasa takjub dan merinding. Keduanya juga merupakan revolusioner, tanpa menggunakan jalur politik. Mereka pun menentang adanya perbedaan antara kulit hitam dan kulit putih.

Kesamaan lainnya adalah, jika Elvis memiliki Graceland, Memphis, maka Jacko memiliki Neverland, California. Graceland maupun Neverland adalah simbol bagi masing-masing. Walaupun sering disamakan dengan Elvis, Jacko selalu menolak. Dia selalu mengatakan bahwa dirinya bukan dan tidak pernah ingin menjadi seorang Elvis Presley.

SuaraPembaruan – 28 Juni 2009

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • 7 cara manfaatkan tabir surya kedaluwarsa
      Coba periksa tanggal kedaluwarsa tabir surya Anda untuk memastikan apakah masih berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.Tabir surya punya masa kedaluwarsa selama enam bulan setelah dibuka, kata perlindungan konsumen ...
    • Klasemen Liga Spanyol, Real Madrid tinggalkan Barcelona
      Berikut hasil pertandingan dan klasemen liga Spanyol pada Minggu waktu setempat. Pertandingan Minggu 4 Desember: Alaves 1 Las Palmas 1 Athletic Club 3 Eibar 1 Real Betis 3 Celta Vigo 3 Sporting ...
    • Beberapa mayat ditemukan lagi setelah gudang terbakar di Oakland
      Beberapa mayat ditemukan lagi pada Ahad (4/12), setelah petugas pencarian memasuki dua daerah lain di gudang yang terbakar 36 jam sebelumnya. Namun Sersan Ray Kelly dalam taklimat kedua pada Ahad, tak bersedia menyebutkan ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: