Fundamentalisme vs Demokrasi

Jenderal AM Hendropriyono, Sabtu 25 Juli, menerima gelar doktor filsafat dari Universitas Gadjah Mada dengan inti tesis seperti judul kolom ini. Tanggal 17 Juli 2009, Dr Hadi Susastro menerima gelar doktor honoris causa dari ANU atas peranannya dalam kerja sama regional Asia Pasifik. Hadisusatro di The Jakarta Post dan Susanto Pujomartono, mantan Dubes RI di Rusia, menulis dalam Tempo 21 Juli 2009 harapan tentang kabinet SBY-Boediono. Judul Susanto provokatif, Matahari Kembar tentang riwayat karier politik sang mertua, alm Sarwo Edie Wibowo dan imbas untuk perilaku SBY. 

Marsekal Omar Dani wafat, korban tragedi 29 tahun, dipenjara dan hanya menikmati jadi Panglima AURI selama 3 tahun dan berkarier total 12 tahun di Angkatan Udara terkuat di belahan bumi selatan era Soekarno. Di Teheran, Ayatullah Khamenei memerintahkan Presiden Ahmedinejad membatalkan pengangkatan besannya Esgandiar Rahim Mashaie menjadi wapres. Suatu arogansi dan blunder fundamentalis yang sedang keropos dan panik ditantang oleh sesama fundamentalis. 

Di Jakarta, Prabowo menemui SBY, Senin (20/7) dan Boediono menemui Megawati, Jumat (24/7) malam. Tapi, pada Sabtu, kedua pesaing masih ngotot ingin mengadu ke Mahkamah Konstitusi. Saya tidak tahu apa pola tingkah laku capres yang ngotot tidak gentle waktu kalah ini yang dirujuk oleh Hendropriyono sebagai praktik demokrasi yang tidak etis? Hendropriyono menyimpulkan bahwa filsafat demokrasi yang tidak etis telah menimbulkan antitesis filsafat fundamentalisme yang berujung ke teror yang bisa menjurus ke teroris bernuklir. Hendropriyono menganjurkan kembali ke Pancasila sebagai jalan tengah. 

Sebetulnya, memang setiap kemasan ideologi yang muncul belakangan selalu berpretensi menjadi yang paling sempurna. Bung Karno punya keyakinan bahwa Pancasila adalah een hogere optrekking, suatu peningkatan lebih tinggi dari Declaration of Independence dan Manifesto Communist. Bung Karno berpidato di depan Majelis Umum PBB berjudul To Build The World A New dan berpolemik dengan Bertrand Russell ketika Gerakan Non Blok sedang naik daun, memberikan alternatif jalan tengah dari pilihan ekstrem Blok Barat AS dan sekutu melawan Blok Timur Uni Soviet dan negara-negara komunis. Tapi, yang menjadi masalah sebetulnya bukan pada tingkat perumusan normatif ideologi Pancasila, melainkan kegagalan dalam implrementasi. Karena tidak dihayati secara institusional dan dilengkapi dengan instrumen perimbangan kekuatan yang objektif untuk mencegah pencemaran, pengingkaran, dan pengkhianatan dari nilai-nilai mormatif itu karena kemunafikan, keserakahan, dan keculasan dalam pemeluk ideologi. Sama dengan komunisme yang bercita-cita menciptakan surga dunia di bawah telapak kaki diktator proletariat atas nama buruh dan rakyat. Komunisme bangkrut bukan karena dibom oleh AS, tapi dibangkrutkan oleh gerakan buruh Solidaritas di Polandia.

Kaum buruh yang namanya dicatut oleh Karl Marx, Lenin, Stalin, Mao Zedong dan antek-antek kloning di Eropa Timur dengan metode diktator, akhirnya tidak akan tahan dan rela dimanipulasi, dieksploitasi oleh elite politburo Partai Komunis yang malah lebih serakah dari kaum bangsawan dan borjuis. Penguasa komunis di Uni Soviet dan Eropa Timur lebih korup dan lebih feodal dari elite ancient regime yang digulingkan. 

Imunitas

Sistem demokrasi Barat sebaliknya mempunyai sistem imunitas, kekebalan terhadap korupsi yang diawasi dan diatasi dengan perimbangan kekuasaan Trias Politika. Dan kekuatan keempat berupa civil society, media massa, dan opini publik yang mampu mencegah berlarutnya kesewenang-wenangan dalam pola diktator politbiro komunis dan fasisme militer kanan ala rezim Soeharto. Ideologi yang berlandaskan rasionalitas Barat seperti fasisme dan komunisme tidak dapat mengatasi penyakit absolute power corrupts absolutely. Oleh karena itu, tampilnya fundamentalisme yang tidak rasional, kembali ke era primitif, primordial dan absolutisme, dogmatisme hitam-putih tanpa mengenal jalan tengah dan perimbangan menjadi salah satu alternatif yang disebut Hendropriyono sebagai fundamentalisme. 

Teori Hendropriyono agak mirip dengan teori Francis Fukuyama bahwa dunia hanya akan menghadapi konflik antara demokrasi liberal dengan sisa-sisa kekuatan otoriter antidemokratis. Teori ini telah dibuyarkan oleh Osama bin Laden, yang cenderung mengadopsi teori Samuel Huntington bahwa dunia akan terperangkap pada konflik tiga peradaban, Barat, Islam, dan Confucius. Osama dan Bush membenarkan konflik antara Barat vs Islam. Sedangkan insiden 5 Juli di Xinjiang membuktikan bahwa konflik antara Islam dan blok Confucius tidak bisa terhindari karena warisan sejarah. Turki menyebut istilah genocide dan RRT menuntut Turki menarik kembali tuduan tersebut. Asia Tengah dan wilayah dengan pelbagai negara berakhiran Stan, merupakan fault line, garis rawan persinggungan tiga peradaban Barat, Islam dan Sinica. 

Kaum fundamentalis bisa berkoalisi dengan Marxis kepala batu, sehingga bisa terjadi poros Teheran Pyongyang untuk menciptakan kumpul kebo antara fundamentalisme agama dan dogma ateis Marxis melawan demokrasi penjunjung HAM. Tentu saja semua tidak sepi dan kebal dari virus SARA, etnosentrisme, rasialisme. Bahkan, Presiden Obama harus meralat dan menelepon sersan polisi Crowley. Seorang profesor Harvard. kulit hitam, Henry Louis Gates Jr, ditahan oleh Crowley karena kedapatan menggedor rumah yang ternyata kediaman si profesor. Insiden ini menjadi polemik rasialisme yang ikut memerosotkan popularitas Obama di bawah 50%, yang sedang menurun karena Obama ngotot ingin mengegolkan Health Care Reform, yang dianggap menerapkan komunisme di AS. 

Obama ingin menjamin seluruh penduduk AS dengan jaminan kesehatan dengan menaikkan pajak bagi golongan berpenghasilan di atas US$ 350.000. Sedangkan Congressional Budget Office mengingatkan bahwa rencana ini belum tentu akan membuat ongkos kesehatan murah dan malah menambah defisit. Konferensi pers Obama, Rabu malam 22 Juli, memang kurang meyakinkan, malah pertanyaan tentang Crowley memancing keteledoran Obama yang mengatakan, polisi bertindak bodoh (stupidly).

Organisasi polisi Chicago segera membela Crowley dan mendesak Obama meminta maaf, sehingga insiden ini semakin menurunkan popularitas Obama. 

Di Jakarta, teror bom 17 Juli mengungkap banyak mantan anggota organisasi yang dibina Noordin M Top telah dilepas ke masyarakat, tapi sebagian malah tetap muncul menjadi teroris dan rekrutmen baru juga tetap terjadi. Seperti kata Hendropriyono, terorisme sudah menjadi masalah ideologi yang dengan lihai mengeksploitasi kesenjangan ekonomi sebagai alasan untuk melakukan teror. Tapi, kelompok teroris sendiri punya dana dan tingkat hidup kelas menengah alias borjuis, karena didukung dana simpatisan fundamentalis yang masih bersedia menyandang dana seperti dollar cash yang dibayarkan oleh terduga pelaku bom Marriott. 

Terorisme memang merupakan perang ideologi global dan Hendropriyono telah melakukan sumbangan intelektual untuk mengkaji kembali wacana soal terorisme. Ia tentu saja tekun memperjuangkan jalan tengah Pancasila yang memang merupakan obsesi elite Indonesia. Seperti berulang kali saya kemukakan, juga dalam polemik dengan Jenderal Kiki Syahnakri, Pancasila is OK as a normative platform. Tapi, problem utama Indonesia adalah kemunafikan dalam mengimplementasi dan kesiapan institusi negara dalam menjamin terlaksananya norma, seperti kepastian dan supremasi hukum, jaminan HAM eksistensial, meritokrasi, eliminasi impunitas, dan kejahatan pelanggaran HAM berat oleh oknum serta aparat negara, termasuk oleh kerumunan (mob). Selamat menjadi doktor filsafat. Semoga teori Anda workable. 

Christianto Wibisono, pengamat masalah nasional dan internasional – SuaraPembaruan

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Tim pencari lanjutkan evakuasi korban gempa dari reruntuhan
      Tim pencari dan penyelamat melanjutkan upaya mengevakuasi korban gempa dari bangunan-bangunan yang runtuh akibat gempa 6,5 Skala Richter (SR) yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya kemarin pagi, menewaskan lebih ...
    • Kekuatan gempa 6,5 SR setara empat bom Hiroshima
      Perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut kekuatan gempa bumi 6,5 Skala Richter (SR) yang kemarin pagi mengguncang di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya setara dengan kekuatan empat hingga enam ...
    • Penyertaan Modal Negara untuk PT SMI perlu diaudit BPK
      PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) hampir setiap tahun memperoleh Penyertaan Modal Negara (PMN) yang secara total telah tersalurkan Rp24,3 triliun.Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan, dalam keterangan tertulis, Kamis, ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: