Amien Rais: Apakah lebih bodoh dari kambing congek

Para inisiator hak angket Bank Century yang disebut Tim 9 sempat mengunjungi Anda. Apa yang dibicarakan?

Mereka adalah penyelidik kebenaran.Tapi sedikit gamang sehingga perlu dukungan moral, dukungan politik dari orang-orang yang disebut tokoh-tokoh nasional. Kemudian saya saran kan adik-adik (Tim 9) mencari kekuatan atau injeksi keberanian.

Apa injeksi keberanian itu?

Saya mengatakan bahwa sejak dulu sampai dengan sekarang di zaman reformasi belum pernah ada interpelasi dan angket yang berhasil. Semua pasti kandas di tengah jalan, karena iming-iming dan tekanan. Selain itu, amplop yang beterbangan (unidentified flying envelope) yang menjadi pemicu kandasnya hak angket maupun interpelasi.

Saya mengatakan kepada mereka setelah bertemu tokoh-tokoh nasional, “Bulatkan tekat dan bulatkan niat.” Kemudian mem bantu panitia khusus (pan sus) yang berjumlah 30 orang untuk bersama-sama menun tas kan kasus skandal Century.

Apakah Anda optimis hak ang ket dapat mengungkap kasus skandal Century?

Jadi saya bergerak di antara pe si mis me dan optimisme. Me nga pa saya pesimis? Karena biasanya anggota DPR itu anget-anget silit ayam. Tapi sa ya optimistis se pertinya sekarang ini dukungan yang datang seperti gelombang tsunami. Pasalnya media massa, pa ra intelektual, tokoh-tokoh lem baga swadaya masyarakat (LSM), tokoh-tokoh agama dan para rektor se-Indonesia sudah searah.

Jika dukungan yang demikian kuat pun pada akhirnya nanti juga meleleh, mungkin inilah takdir bangsa kita sebagai bangsa yang lunak (soft nation). Jadi bangsa yang tidak berani bertanding. Sehingga, kalau kasus Bank Cen tury kandas lagi, maka lima tahun ke depan kita akan menikmati hidup yang serba sandiwara, serba dagelan, tidak ada sosia lisnya dan kita akan menjadi ma nusia pura-pura. Hanya itu ke putusan saya.

Seberapa besar dukungan Anda terhadap Tim 9?

Semampu saya bisa. Saya akan memberikan dukungan. Sem bi lan orang ini kan orang muda semua. Jadi mereka masih harus dikawal. Jadi saya mengatakan nanti 30 anggota pansus harus di kawal man to man marking. Se tiap orang diawasi 24 jam sehari semalam oleh mahasiswa, war tawan, pengawas dari masyarakat supaya tidak masuk angin.

Biasanya selalu ada semacam keajegan. Mula-mula semangat tinggi lantas taringnya kelihatan ingin menerkam para koruptor, akan menerkam konglomerat hitam, akan menerkam mereka yang menjadi mafia hukum dan markus (makelar kasus), tetapi setelah satu-dua minggu bahkan satu bulan taring itu menjadi taring karet. Nggak ada gigitan nya. Kemudian taringnya hilang dan menjadi ompong. Setelah itu wassalam, semua lupa. Jadi it is now or never.

Apakah saat bertemu dengan Tim 9 sempat pembicaraan langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan?

Nggak ada pembicaraan ke arah itu. Saya kira target dari Tim 9 hanya untuk mendapatkan dukungan moral dan politik. Supaya mereka menjadi lebih berani saja.

Belum ada pembicaraan ke arah sana sama sekali, karena langkah strategis bukan di tangan mereka lagi tapi di tangan pansus.

Anda mengharapkan ending dari angket Century ini seperti apa?

Ending-nya tokoh-tokoh yang telah memungkinkan lenyapnya uang negara 6,7 triliun itu men dapatkan sanksi berupa pidana mau pun sanksi politik. Terus terang andaikata Pak Boediono dan Bu Sri Mulyani memang telah melakukan abuse of power, membela Bank Century yang se harusnya tidak perlu dibela de ngan segala macam dalih, me reka perlu mendapatkan sanksi po litik. Kemudian mereka-me reka yang menerima aliran dana yang tidak benar itu diproses secara hukum. Setelah itu bank Century ditutup kasusnya, dan kita melihat ke depan.

Anda pernah meminta agar Boediono dan Sri Mulyani nonaktif. Apakah itu solusi yang paling tepat saat ini?

Itu tergantung momentumnya. Kalau Boediono dan Mulyani bercokol terlalu lama, nanti ada orang yang menggunakan teori makan bubur panas. Jadi arahnya ke presiden, tapi dimulai dengan menurunkan Boediono dan Sri Mulyani. Jika terlalu lama dua tokoh ini bertahan di posisinya itu menjadi beban berat bagi Pak SBY.

Tapi kalau keduanya ini dibujuk supaya nonaktif atau kemudian mengundurkan diri karena sudah cacat berat karena BPK sudah sedemikian telak me nunjukkan bagaimana pelang garan yang dilakukan oleh kedua tokoh ini, maka kemudian sim pati masyarakat akan pulih kem bali. Sebab kalau terlalu lama, maka akan muncul anggapan Pak SBY melindungi pembantu-pem bantunya yang sudah jelas mela kukan pelanggaran pidana.

Apa saran Anda untuk Boe diono dan Sri Mulyani?

Saya sudah berkali-kali me nga takan tapi tidak tidak lang sung melainkan lewat media massa, alangkah baiknya dengan si kap ksatria dan jiwa kene gar awanan, bila Boediono dan Sri Mulyani nonaktif dulu. Hal itu akan mendapat simpati besar. Karena yanag diserang adik-adik mahasiswa adalah dua tokoh ini.

Tapi jika dalam pengadilan mereka dinyatakan bersih, kem bali lagi ke posisinya. Itu tidak ada masalah, seperti Bibit dan Chandra itu ternyatakan direka yasa jadi otomatis kembali lagi. Jadi sekarang bukan karena like or dislike, tapi untuk kepentingan kita semua.

Bagaimana Anda melihat sikap SBY terhadap kasus Century?

Pak SBY itu orang yang selalu hati-hati berbicara. Tapi ketika berbicara Bank Century itu sudah terlalu telak dan tegas. Karena di depan media massa, beliau mengatakan minta bahwa skandal bank Century diusut habis-habisan. Sehingga seharusnya tidak ada keraguan bagi DPR, kepolisian, kejaksaan, KPK, dan PPATK untuk melaksanakan tugasnya karena sudah dipayungi oleh presiden.

Saya percaya presiden tidak sedang bersandiwara, dia minta betul supaya dibedah habis. Sehingga track pemerintahan yang berjalan gontai dan sem po yongan sekarang ini, bisa me langkah tegap lagi.

Apa pesan Anda bagi anggota pansus angket Century?

Pesan saya satu saja. Jadi seperti pesan Nabi Muhammad mintalah fatwa kepada nuranimu. Jadi anggota DPR nanti harus menggunakan nurani. Nurani nggak pernah menipu, nurani bisa menunjukkan mana yang halal dan haram, benar dan salah, ter puji dan tercela. Kalau meng gu na kan pikiran, nantinya akan pe nuh dengan kepentingan sesaat.

Nurani adalah bagian terdalam dari manusia yang menjerit ketika ada ketidakadilan, bergembira ketika ada kebenaran. Jadi seo rang perampok ulung pun punya nurani yang sesungguhnya kalau didengarkan dia akan menangis. Demikian juga eksekutif, le gis latif, yudikatif kalau meng gu nakan nurani, sesungguhnya dia berhenti menipu rakyat. Ka lau anggota DPR menggunakan nu raninya, tentu nantinya akan ta han banting, tahan iming-iming, tahan ancaman, dan lain-lain.

Apa harapan Anda?

Saya berharap teman-teman di KPK, kepolisian dan kejaksaan harus tahu bahwa kasus ini it’s now or never. Kalau ini juga raib se perti BLBI, maka jangan kaget kalau kejahatan perbankan akan terjadi lagi berturut-turut dalam skala yang lebih gede.

Kalau saya boleh berkata seperti pepatah melayu, seekor kambing congek, tidak pernah menanduk batu yang sama untuk kedua kalinya. Kalau dulu kita sudah kecolongan BLBI 300 tri liun, kemudian kecolongan Bank Century, apakah kita lebih bodoh dari kambing congek? Kan se ha rusnya tidak seperti itu.

RakyatMerdeka.com

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • RSS ANTARA News – Berita Terkini

    • Sering terbang? Ini alasan kulit harus dirawat ekstra
      Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam pesawat terbang bisa jadi berita buruk bagi kulit Anda. Kelembaban rendah dan terpaan pendingin udara membuat kulit jadi kering.Dr. Radityo Anugrah yang memiliki spesialisi di bidang kulit ...
    • Yogyakarta kukuhkan Satgas Saber Pungli
      Kota Yogyakarta kini memiliki Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar setelah dikukuhkan secara resmi oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Yogyakarta Sulistiyo, Selasa. "Kami akan segera melakukan koordinasi internal untuk ...
    • Pemerintah keluarkan harga patokan ayam
      Kementerian Pertanian mengeluarkan harga patokan ayam ras pedaging melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 26/2016 tentang Penyediaan, Peredaran dan Pengawasan Ayam Ras.Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menandatangani revisi ...
  • “ISI – PORO”





  • Subscribe in Bloglines


  • RSS Berita IT dan Artikel

  • “B A K A N C I N G”

  • %d bloggers like this: